Rabu, 20 Agustus 2014

Hotel Boking



AGODA
Bagi traveller, baik yang sekedar bepergian untuk suatu keperluan atau yang menjadikannya sebagai hobi, ada beberapa persiapan yang penting untuk dibereskan sebelum hari H. Yang pertama, dan yang paling utama, adalah masalah transportasi. Entah itu naik pesawat, kereta api, atau jalan kaki, sudah pasti sebelum travelling itu yang kita putuskan terlebih dahulu. Yang kedua adalah mengenai akomodasi, apakah akan menginap di hotel berbintang, losmen seadanya, atau numpang tidur di masjid (eh saya aja pernah tidur di stasiun loh #bangga). Lalu, hotel atau losmen mana yang layak untuk ditempati dan sesuai dengan budget kita, berapa lama durasinya, dan sebagainya. Dan yang ketiga tentu saja adalah masalah budget, yang disesuaikan dengan dua poin sebelumnya, serta tujuan kita bepergian. Jangan sampai ketika sudah sampai di tempat tujuan, kita cuma bisa plonga-plongo gara-gara salah menghitung dana 


            Kali ini kita akan membahas mengenai Agoda, sebuah situs yang menyediakan jasa reservasi kamar hotel secara online. Jaringannya cukup luas. Tidak hanya hotel berbintang saja, yang kelas backpacker pun tersedia, sehingga benar-benar mampu melayani semua golongan. Di dalam maupun di luar negeri pun tidak ada masalah. Namun salah satu keunggulan utama Agoda yang saya yakin banyak disukai oleh pebisnis online adalah ia menerima pembayaran melalui Paypal. Jarang ada penyedia jasa booking hotel yang seperti ini. Saya sendiri sudah sering merasakan mudahnya melakukan pemesanan kamar di Agoda dan melakukan pembayaran instan menggunakan uang ‘virtual’ tersebut.

Di sisi lain, selain sebagai ‘pengguna’, Anda juga bisa memanfaatkan Agoda untuk membuka bisnis reservasi kamar hotel berjaringan internasional. Ya, Agoda memiliki sistem afiliasi bernama Agoda Partners dimana Anda bisa menawarkan jasa mereka kepada siapa saja yang sedang membutuhkan tempat untuk menginap. Bahkan, sistem mereka juga memungkinkan Anda untuk melakukan pemesanan bagi orang lain, sehingga jika diinginkan, Anda bisa membuka biro jasa travel secara mandiri sebagai affiliate, setelah Anda mendaftarkan diri dan aplikasi pendaftaran Anda disetujui oleh pihak Agoda, Anda punya 2 pilihan dalam melakukan implementasi — apakah akan memanfaatkan database yang mereka sediakan (harus diproses dan di-coding secara manual karena mereka hanya menyediakan database saja) atau, yang lebih gampang, meletakkan form pemesanan kamar di situs Anda, sehingga nantinya, bila ada yang melakukan reservasi melalui form tersebut, Anda akan mendapatkan komisi yang jumlahnya sekitar 2%-4% dari total biaya reservasi. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar